Sabtu, 23 Maret 2013

TUGAS 1 (PART 3) #SOFTSKILL (PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN)



TEMPAT WISATA PALING BERKESAN YANG PERNAH SAYA KUNJUNGI

KAKI GUNUNG SALAK, JAWA BARAT!!

Salah satu tempat wisata yang paling berkesan yang pernah saya kunjungi adalah cagar wisata Alam KAKI GUNUNG SALAK, Bogor Jawa Barat. Untuk teman teman yang menyukai wisata yang penuh tantangan disinilah tempatnya, berikut beberapa info tentang cagar wisata Alam KAKI GUNUNG SALAK, Bogor Jawa Barat :
Curug Cihurang. Untuk perjalanan awal, Anda bisa mengunjungi Curug Cihurang dengan membayar biaya retribusi Rp. 2.500,- per orang. Di sini Anda dapat melihat air terjun setelah berjalan sekitar 150 meter dari pintu masuk. Meskipun air terjunnya tidak terlalu tinggi, kolamnya yang tidak terlalu dalam sangat cocok untuk sekedar bermain air.
Setelah puas di Curug Cihurang, Anda bisa melanjutkan perjalanan untuk menuju Curug Ngumpet. Lokasi obyek wisata Curug Ngumpet ini tidak begitu jauh dari Curug Cihurang. Tetapi, Anda lebih baik menuju tempat ini dengan kendaraan. Pengunjung akan dikenakan biaya Rp. 2.500,-. Air terjun di lokasi ini memang lebih tinggi dibandingkan dengan Curug Cihurang, tetapi kawasan di sekitar air terjun ini tidak terawat. Banyak sampah yang merusak pemandangan mata.
Perjalanan selanjutnya yaitu Curug Seribu. Sebagai air terjun yang cukup tinggi di kawasan obyek wisata Gunung Salak, air terjun ini memiliki tinggi sekitar 100 meter. Namun, butuh ekstra usaha untuk mencapai lokasi ini. Anda harus mengikuti jalan setapak yang membelah hutan. Sensasi petualangan akan sangat terasa untuk dapat menikmati pesona air terjun yang mengalir dari sela-sela gunung.
Perjalanan terakhir yaitu mengunjungi air terjun yang paling sering dikunjungi dan merupakan ikon seluruh kawasan air terjun Gunung Salak, yaitu Curug Cigamea. Lokasinya memang lebih mudah dijangkau dan terawat, sehingga lebih dikembangkan sebagai kawasan wisata dibandingkan curug lainnya. Anda akan dikenai biaya tiket masuk Rp. 2.500,- setelah itu jika Anda ingin mencapai lokasi Curug Cigamea, Anda harus melintasi jalur sepanjang 200 meter. Terdapat fasilitas kamar mandi yang bersih, tempat ibadah, dan warung yang berjejer rapi di lokasi ini. Setelah lelah mengunjungi empat air terjun tersebut, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh seperti buah-buahan dan kerajinan tangan yang berupa anyaman bambu yang menarik.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk di obyek wisata Gunung Salak, pengunjung akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp. 2.500,- di setiap air terjun

Akomodasi dan Fasilitas

Beberapa fasilitas dan akomodasi Gunung Salak seperti kamar mandi yang bersih, tempat ibadah, dan warung tersedia di sini. Untuk Anda yang ingin menginap di sekitar kawasan Gunung Salak juga terdapat beberapa penginapan seperti hotel berbintang dan losmen.

Akses

Akses untuk mencapai Kawasan Wisata Gunung Salak, ada beberapa alternatif jalur yaitu :
  1. Jalur Cempalng-Pamijahan-Salak Endah
  2.  Jalur Cikampak-Salak Endah-Cibatok.
  3.  Jalur Tamansari-Gunung Bunder-Salak Endah.

Info Tambahan

  • Sebaiknya, gunakan jalur Cemplang-Pamijahan-Salak Endah. Karena, selain berjarak tempuh paling dekat dari jalan raya Bogor-Leuwiliang, kondisi jalan lebih bagus dan tidak berkelok-kelok.
  • Membawa pakaian ganti dan peralatan mandi lainnya.
  • Jika Anda membawa putra-putri Anda, pastikan mengenakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan di jalur yang berbatu.

BERIKUT FOTO IN ACTION :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar