Senin, 30 Januari 2012

INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT



PENDAHULUAN
Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang artinya mereka tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan batuan dari manusia lain. Manusia sendiri termasuk individu yaitu bis disebut manusia itu sendiri, yang tidak bisa lg dibagi menjadi sebuah kestuan. Manusia sebagai makhluk sosial pasti memiliki kelompok-kelompok social, seperti keluarga dan lingkungan masyarakat, dalam hal untuk memenuhi kebutuhan hidupnya manusia mempunyai system kemasyarakatan atau sistem sosial.

PERTUMBUHAN INDIVIDU
           Manusia termasuk makhluk hidup sudah pasti melewati masa pertumbuhan dan perkembngan lahir dan batin, Pertumbuhn juga bisa disebut sebagai proses perkembangan manusia menjadi dewasa.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN :
Faktor yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuan setiap individu adalah faktor lingkungan dan dasar yang dibawa sejak individu itu lahir.

FUNGSI KELUARGA DALAM KEHIDUPAN INDIVIDU
            Keluarga adalah kesatuan atau kelompk yang di miliki oleh individu dalam suatu lingkungan masyarakat. Dalam kelompok inilah kepribadian seorang individu terbentuk. Keluarga merupakan kumpulan orang-orang terdekat dari si individu tersebut. Ada berbagai macam fungsi keluarga, diantaranya adalah fungsi biologis, fungsi pemeliharaan, fungsi ekonomi, fungsi keagamaan, dan fungsi sosial.







MASYARAKAT DALAM KEHIDUPAN INDIVIDU
            Masyarakat ikut andil dalam perkembangan suatu individu karena idividu termasuk bagian dari masyarakat. Masyarakat adalah sekumpulan atau kelompok sosial yang berkumpul dalam satu lingkungan. Masyarakat dalam lingkungan hidup individu dapat mempengaruhi perkembangan individu karena seringnya bergaul, melihat hal yang biasa di lakukan dalam lingkungan masyarakatnya tersebut.

DUA GOLONGAN MASYARAKAT
Dalam perkembangan dan pertumbuhannya masyarakat dapata digolongkan menjadi :
1.    Masyarakat sederhana. Dalam lingkungan masyarakat sederhana (primitive) pola pembagian kerja cenderung dibedakan menurut jenis kelamin. Pembagian kerja berdasarkan jenis kelamin, nampaknya berpangkal tolak dari latar belakang adanya kelemahan dan kemampuan fisik antara seorang wanita dan pria dalam menghadapi tantangan-tantangan alam yagn buas saat itu.

2.    Masyarakat Maju. Masyarakat maju memiliki aneka ragam kelomok sosial, atau lebih dikenal dengan sebuatan kelompok organisasi kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang berdasarkan kebutuhan serta tujuan tertentu yang akan dicapai.


HUBUNGAN ANTARA INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT
            Hubungan yang terjalin antara individu, keluarga dan masyarakat sangat dekat, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan bantuan dari individu lain. Dalam keluarga terdapat beberapa individu sebagai anggota keluarga dan dalam masyarakat ada sekumpulan keluarga atau individu yang tinggal dalam suatu lingkungan.
           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar