Senin, 30 Januari 2012

PENDUDUK, MASYARAKAT DAN BUDAYA


PENDAHULUAN
      Penduduk adalah sekumpuln masyarakat atau manusia yang tinggal dalam suatu lingkungan hidup seperti Negara, atau kota. Dan sekumpulan penduduk akan membentuk suatu konsep lain yaitu masyarakat, jadi tanpa adanya penduduk tidak akan tercipta masyarakat. Dalam konteks ini penduduk yang di maksud sudah tentu manusia seperti kita.
             Dalam hidup bermasyarakat ada banyak yang dapat di persatukan karena tanpa adanya kesatuan akan terjadi banyak konflik yang akan terjadi dalam hidup bermasyarakat, banyak pula factor yang dapat mempererat hubungan antar penduduk dalam bermasyarakat dan tidak bisa di palingkan lagi yaitu faktor yang sangat berpengruh adalah kebudayaan.
               Kebudayaan sendiri tercipta tidak lain karena adanya suatu masyarakat yang tinggal dan hidup bersama dalam suatu daerah. Kita ketahui di Indonesia sangat banyak dan beragam kebudayaan yang ada karena Indonesia memiliki banyak sekali suku yang berbeda dan sudah pasti beda juga adat istiadat, norma dan kebudayaannya.
       Kebudayaan merupakan hasil budi daya manusia, ada yang mendefinisikan sebagai  semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Karya manusia menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan, sedangkan rasa mewujudkan segala norma dan nilai untuk mengatur kehidupan dan selanjutna cipta merupakan kemampuan berpikir kemampuan mental yang menghasilkan filsafat dan ilmu pengetahuan (selo sumarjan dan sulaiman..s).

PERMASALAHAN BERMASYARAKAT
       Banyak sekali permasalahan yang bisa timbul dalam hidup bermasyarakat, baik masalah dari dalam lingkungan keluarga ataupun masalah dengan penduduk lain. Masalah penduduk juga bisa timbul di karenakan faktor yang sangat penting nagi kehidupan manusia yaitu makanan dan keadaan sosial ekonomi penduduk tersebut.





      KOMPOSISI PENDUDUK
             Komposisi penduduk dalam suatu daerah dapat di hitung melalui program pemerintah yaitu sensus penduduk. Sensus penduduk bukan hanya menghitung jumalah pendudk dalam satu negara tetapi juga mendata semua penduduk berdasarkan alat kelamin, jenis pekerjaan, umur dan tingkat pendidikan semua penduduk yang ada.
             Dengan mengetahui komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin, dapta disusun/dibuat apa yang disebut piramida penduduk, yaitu grafik susunan penduduk menurut umur dan jenis kelamin pada saat tertentu dalam bentuk pyramid. Golongan laki-laki ada diseblah kiri dan perempuan disebelah kanan. Garis aksisnya (vertical) menunjukkan interval umur dan gari horisontalnya menunjukna jumlah atau prosentasi.

PERSEBARAN PENDUDUK
      Penduduk cenderung mencari tempat tinggal di daerah yang subur dan memiliki banyak lahan pekerjaan yang bisa di dapat, di indonesia penduduk sangat tertarik untuk tinggal di ibu kota karena banyak lahan pekerjaan yang bisa di dapat di ibu kota, hal inilah yang menjadikan ketidak seimbangan penduduk di setiap daerah di indonesia. Karena prinsip itulah  kemudian terjadi perpindahan penduduk dari satu daerah ke daerah lain.

PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN DI INDONESIA
Banyak kebudayaan yang ada dan berkembang di Indonesia selain kebudayaan asli Indonesia ada juga budaya luar yang masuk ke Indonesia. Kebudayaan di Indonesia sangat beragam karena banyak pula suku bangsa yang ada di dalamnya. Sebagai contoh kebuayaan dan suku asli yang ada di Indonesia adalah jawa, sunda, batak, bali dan masih banyak yang lain.





       Selain kebuyaan asli di Indonesia juga banyak kebudayaan lain yang masuk keadalamnya dan sudah menjadi bagian dari Indonesia sendiri, beberapa contoh kebudayaan asing yang ada di Indonesia adalah tionghoa, budha, hindu, dan barat. Dan tidak dapat di sangkal kebudayaan asing tersebut sudah menjadi jadi bagian dari kebuayaan asli Indonesia. Banyak dari penduduk Indonesia yang lebih mengenal budaya asing di bandingkan budaya asli Indonesia, terutama pemuda yang lebih mengenal budaya barat.
       Masuknya kebudayaan barat ke Indonesia karena dampak globalisasi dan Awal kebudayaan barat masuk ke negara tercinta ini ketika kaum kolonialisme/penjajah manggedor masuk ke Indonesia, terutama bangsa Belanda. Mulai dari penguasaan dan kekuasaan perusahaan dagang Belanda (VOC) dan berlanjut dengan pemerintahhan kolonialisme Belanda, tanah air Indonesia telah dijajah selama 350 tahun. DI pusat kekuasaan pemerintah Belanda, di kota-kota propintsi, kabupaten muncul bangunan-bangunan dengan gaya arsitektur Barat.

KEBUDAYAAN DAN NORMA ADAT
       Kebudayaan suatu bangsa adalah cermin dari kepribadian bangsa yang bersangkutan. Dalam suatu kebudayaan juga ada norma-norma dan adat yang berlaku yang apabila di langgar ada suatu sangsi atau hukuman bagi si pelanggar tersebut. Adapun norma-norma yang berlaku adalah norma agama, norma kesopanan, norma asusila, norma sosial dan masih banyak lagi.
       Sifat-sifat kepribadian yang berakar dari adat istiadat dan ajaran agama pada suatu kelompok masyarakat dapat dikukuhkan sebagai hukum adat.. Di laur itu ciri-ciri kepribadian suatu kelompok masyarakat/bangsa, jgua teraacermin dalam penampilan sikap hidup sehari-hari.








PRANATA SOSIAL

       Dr. Koentjaraningrat  membagi lembaga sosial/pranata-pranata kemasyarakatan menjadi 8 macam  yaitu :
  1. Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan kehidupan kekerabatan atau domestic institutions
  2. Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian hidup ( economic institutions)
  3. Pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah manusia (scientific institution)
  4. Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan pendidikan (educational institutions)
  5. Pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah, menyatakan rasa keindahan dan rekreasi (aesthetic anda recreational institutions)
  6. Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan Tuhan atau alam gaib (religius institutions)
  7. Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mengatur kehidupan berkelompok atau bernegara (political institutios)
  8. Pranata yang bertujuan mengurus kebutuhan jasmaniah manusia (cosmetic institutions)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar