Senin, 30 Januari 2012

MASYARAKAT PEKOTAAN DAN PEDESAAN



PENGERTIAN MASYARAKAT
Masyarakat adalah sekumpulan individu atau manusia yang tinggal dalam suatu lingkungan hidup seperti Negara, atau kota. Dalam arti luas masyarakat adalah ekseluruhan hubungan-hubungan dalam hidup bersama dan tidak dibatasi oleh lingkungan. Suatu perkumpulan bisa di sebut masyarakat jika telah memenuhi syarat sebagai berikut, harus ada perkumpulan manusia dalam jumlah banyak, telah bertempat tinggal dalam waktu yang lama disuatu daerah tertentu, adanya norma dan peraturan yang di buat untuk kebaikan semua.

MASYARAKAT PERKOTAAN
            Masyarakat di Indonesia banyak dan sangat beragam, tinggalnya pun di lain tempat. Masyarakat perkotaan adalah masyarakat yang tinggal dan hidup dalam lingkungan perkotaan. Di Indonesia ada dua kelompok yaitu masyarakat perkotaan dan pedesaan. Kehidupan dan gaya hidup mereka berbeda.

Perbedaan desa dan kota
  1. jumlah dan kepadatan penduduk
  2. lingkungan hidup
  3. mata pencaharian
  4. corak kehidupan sosial
  5. stratifikasi sosial
  6. mobilitas sosial
  7. pola interaksi sosial
  8. solidaritas sosial

HUBUNGAN DESA DAN KOTA
      Hubungan antara desa dan kota sangat erat karena ada ketergantungan antar kota dan desa. Kota tergantung pada desa dalam memenuhi kebutuhan warganya akan bahan-bahan pangan sperti beras, sayur mayor, daging, ikan. Desa juga merupakan sumber tenaga kasar bagi jenis-jenis pekerjaan tertentu di kota misalnya saja buruh bangunan dalam proyek-proyek perumahan, proyek pembangunan atau perbaikan jalan raya atau jembatan. Mereka biasanya adalah pekerja-pekerja musiman.
Sebaliknya, kota menghasilkan barang-barang yagn juga diperlukan oleh orang desa seperti bahan-bahan pakaian, alat dan obat pembasmi hama pertanian, minyak tanah, obat-obatn untuk memelihara kesehatan dan transportasi.

LIMA UNSUR LINGKUNGAN PERKOTAAN
            Secara umum seharusnya lingkungn perkotaan mempunyai lima unsure, yaitu :
·         Wisma
·         Karya
·         Marga
·         Suka
·         Penyempurna
               
FUNGSI EKSTERNAL KOTA
            Kota juga mempunyai peranan/fungsi eksternal, yakni seberapa jauh fungsi dan peranan kota tersebut dalam kerangka wilayah atau daerah-daerah yang dilingkupi dan melingkupinya, baik dalam skala regional maupun nasional.


MASYARAKAT PEDESAAN
            Masyarakat pedesaan adalah suatu kelompok individu yang hidup di suatu tempat yang disebut desa. Biasanya norma dan adat di desa lebih kental di bandingkan kehidupan di kota atau masyarakat pedesaan.

CIRI-CIRI MASYARAKAT PEDESAAN
            Adapun yang menjadi ciri masyarakat desa antara lain :
  1. Didalam masyarakat pedesaan di antara warganya mempunyai hubungan yang lebih mendalam dan erat bila dibandingkan dengan masyarakat pedesaan lainnya di luar batas wilayahnya.
  2. Sistem kehidupan umumnya berkelompok dengan dasar kekeluargaan
  3. Sebagian besar warga masyarakat pedesaan hidup dari pertanian
  4. Masyarakat tersebut homogen, deperti dalam hal  mata pencaharian, agama, adat istiadat, dan sebagainya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar