Senin, 30 Januari 2012

PEMUDA DAN SOSIALISASI



PENDAHULUAN
Muda adalah bagian dari pertumbuhan manusia menjadi dewasa. Pemuda adalah manusia muda yang beranjak dewasa tetapi masih memerlukan binbingan dan arahan agar kelak dewasa dapat jadi manusia yang berguna.

SOSIALISASI PEMUDA
            Pemuda termasuk manusia dan tentu makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, jadi pemuda perlu tahap sosialisasi untuk dapat bersatu dalam sebuah lingkungan masyarakat. Sosialisasi adalah proses pengenalan dan perkembangan pemuda dalam kelompoknya, seperti dalam sekolah, keluarga ataupun masyarakat luas. Proses sosialisasi sudah berlangsung sejak manusia lahir dan terus sampai titik kulminasi.

PENGEMBANGAN DAN PEMBINAAN PEMUDA
            Pemuda belum menjadi manusia dwasa jadi masih harus di bombing dan di bina agar dapat menjadi manusia dewasa yang baik. Pembinaan pemuda bukan hanya di dapat di sekolah tetapi bisa juga dari dalam keluarga dan lingkungan tempat tinggal si pemuda. Waktu luang pemuda dapat di isi dengan kegiatan positif dalam lingkungan, bisa dengan bergabung dengan club olahraga atau organisasi sosial seperti karang taruna.

MASALAH-MASALAH PEMUDA
            Banyak sekali masalah yang bisa menimpa pemuda, mulai dari dirinya sendiri, keluarga, sekolah dan lingkungan nya. Masalah yang sangat rawan terkena terhadap pemuda Indonesia adalah masalah narkoba dan sex bebas yang sudah sangat biasa di kalangan pemuda masa kini. Masalah psikis juga dapat di timbulkan dari keluarga, sebagai contoh yaitu pemuda korban dari kekerasan orang tua atau broken home.


POTENSI PEMUDA
            Banyak sekali potensi yang dapat di gali dalam diri seorang pemuda karena jalan mereka masih panjang dan memang tidak boleh di sia-siakan begitu saja. Potensi dan bakat pemuda dapat di salurkan di sekolah maupun di masyarakat. Di sekolah ada wadah untuk menampung bakat-bakat pemuda tersebut yaitu dengan adanya ekstrakulikuler dan OSIS. Dalam OSIS pemuda dapat berlatih dalam berorganisasi yang baik dan bagaimana menjadi pemimpin. Ekstrakulikuler di sekolah biasanya ada berbagai macam jenis, seperti olahraga, organisasi, pramuka, pmr dan masih banyak lagi, jadi pemuda bisa menyalurkan potensi dan bakatnya itu. Dalam masyarakat juga ada karang taruna dan remaja masjid, pemuda juga bisa bergabung untuk menyalurkan potensinya.

TUJUAN SOSIALISASI
            Tujuan utama sosialisasi pemuda adalah agar pemuda tidak canggung akan lingkungan yang di tempatinya dan juga agar pemuda mengetahui apa yang arus dilakukan dan tidak bole dilakukan nya dalam lingkungan tersebut. Proses sosialisasi banyak ditentukan oleh susunan kebudayaan dan lingkungan sosial yang bersangkutan. Berbeda dengan inkulturasi yang mementingkan nilai-nilai dan norma-norma kebudayaan dalam jiwa individu, sosialisasi dititik beratkan pada soal individu dalam kelompok melalui pendidikan dan perkembangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar